-

-

Senin, 25 Agustus 2014

Flat Track Yamaha Scorpio 225



Terinspirasi dari tontonan video-video AMA FLAT TRACK racing . . .  hendra,  haris,  evay,  dYamaha Scorpio 225 tahun pembuatan 2005 yang sudah jarang dipake oleh pemilik pertamanya.  Tiga hari kami berpikir dan corat-coret untuk menyesuaikan konsep untuk mengubah total bentuk Yamaha Scorpio ini . . . .

Kebetulan ada stok kaki-kaki bekasan Hyosung Bosowa . . .  Untuk bagian UpsideDown kita mengubah as homestir agar bisa nangkring sempurna pada homestir asli Yamaha Scorpio.  Dan tidak banyak kendala untuk tahap installing kaki depan,  hanya saja ada pembubutan pada lubang as roda tromol depan. Untuk tromol depan,  kita comot tromol KLX dipadu Velg TK lebar 2.50 ring 18 dan di bungkus Karet Hitam Buatan Negeri Sendiri Dunlop K180 dengan ukuran 120/90-18, yg notabene lebih dikenal di luar sana . . . . heheheheheh

Untuk kaki belakang,  kita aplikasikan Swingarm kustom dengan bentuk kolaborasi Plat dan Pipa,  untuk tromol pake KLX,  dan Velg kita menggunakan TK lebar 3.00 ring 18 dengan ukuran ban 130/80-18….

Beralih pada sasis,  bagian belakang kita mutilasi habis tak tersisa.  Dan pada main frame ada sedikit penyesuaian,  untuk menyematkan Monoshock panjang copotan Hyosung Bosowa . . . proses pembuatan tumpu dudukan monoshock lancar terkendali,  begitu juga pembuatan tubular frames tralis sebagai pengganti sasis yg telah di sunat . . . kesulitan mulai terlihat pada saat proses pembuatan linkage penggerak monoshock,  transfer beban yg di kirim dari swingarm dan kaki belakang masih belum diterima dengan baik oleh sang monoshock . .   sepertinya harus rubah derajat dan rubah titik linkage tersebut. 

25 Agustus 2014

Akhirnya siang panas telah memberi kami kecerdasan . . . hehehehe lebay ahhhh . . . suspensi belakang akhirnya bergerak sempurna . . . kopi pun berderet di meja kerja untuk menemani proses selebrasi . . .heheheheh 


26 Agustus 2014

Setelah lihat info ehhhhh ternyata oktober 2014 ini ada KUSTOMFEST…  ajang festival motor kustom nasional dan punya point tangtangan tersendiri bagi kami . . .

Apalagi setelah melihat kalender . . . waktu semakin sempit saja untuk membuat Scorpio ini bisa jadi masuk di acara itu . . .

Hmmmmm . . . mari kita berjuang



28 Agustus 2014
Hari ini panas bangetttt . . . hehehehe
Jadwal untuk setting Subframe dan penempatan posisi tangki berikut body belakang . . .  
Pipa untuk subframe kita pilih pipa bulet diameter 22 mm . . .
Dengan penempatan sistem bolt on . . . 
Proses dimulai dengan mulai membuat pipa boshing untuk dudukan subframes,  dan menyesuaikan bentuk tangki agar tepat dan indah dipandang bersanding dengan monoshock di bawahnya . . . 



Masuk Oktober . . . .  

Progres painting berjalan kurang mulus . . . 
Heheheheh . . . tapi bisa teratasi lewat keterampilan Mr.  Bona lewat penbrush nya Agar tampil lebih garang




1 komentar: